Minggu, 26 Juli 2009

Optimalkan Vista

| Minggu, 26 Juli 2009 | 0 komentar

Optimal kan Windows Vista

“If you can’t make it good at least make it look good’. Waduh, kok kamu pada kaget sih, kirain artikel inggris ya..?? ah moal atuh, sayah mah da ngerti klo ini tu blog indo. Eh kok saya malah ngomong nggak nyambung ya?? Ah kita mulai saja ya. Oh ya kalian tau nggak arti dari kata pertama tadi?? Kalo menurutku sih artinya “yang penting gaya”. Itulah kata-kata Bill Gates, si pendiri Microsoft yang membikin windows Vista. Bill Gates menegaskan klo mau yang enak dilihat, mudah digunakan. Makanya Windows Vista dibuat.

Eh jangan salah lho, itu semua terbukti. Toh Windows vista hadir dengan tampilan yang jauh lebih menarik ketimbang OS yang kemarin-kemarin( misalnya XP), lalu siapa yang lebih cepat? Saya pikir kamu pasti dah tau jawabannya khan? Yap betul, Windows XP tentunya. Lalu ketimbang XP, Windows Vista memang butuh spek yang nggak ringan. Bagi beberapa orang, spek yang diumumkan memang mengejutkan. Belum lagi dengan spek itu, Vista belum berjalan secara optimal. Maka dari itu saya menyajikan sejumlah trik, tetapi klo dipake-nya Cuma satu dua, itu sih nggak bakalan kerasa perbedaannya.tapi jika trik-trik itu disatukan dalam suatu paket ”Combo”. Insya Allah akan lumayan terasa cepatnya.Buat gamer, boleh coba jurus-jurus yang bakalan diberikan.

Mengatur pembuatan indeks

Windows Vista mempunyai fitur yang bagus lho buat pencarian file biar lebihcepat dan rinci hasil pencariannya. Windows Vista akan membuat indeks dari seluruh file yang ada didalam hard disk. Tetapi karena itulah performa komputer menjadi lamban, terus apa kamu suka cari-cari file pake gituan? Tentu ada yang jawab iya ada yang nggak! Nah buat yang nggak memerlukan nih fitur, sebaiknya fitur ini didisable aja biar nggak ada bebenyit, lalu gimana caranya? Gini nih: masuk ke kontrol panel,

lalu kamu masuk ke indexing option di kontrol panel classic view, lalu............................................? klik tombol modify. Oh ya bagi kamu yang ingin mengindeks sebagian file ttp tidak semuanya caranya pilih file yang hendak diindeks, klo yang nggak ya jangan. Lalu klik OK, lalu klik advanced. Buka tab file types untuk memilih tipe file yang akan diindeks.

Kurang jelas???? Yah klo kurang jelas sekali lagi ini khusus tuk yang nggak butuh sama sekali sama ni fitur, caranya buka lagi kontrol panel lalu program and features.

Klik turn on Windows features on lalu hilangkan tanda centang pada indexing service lalu klik OK, lalu restart Windows.

Matikan Efek-efek

Vista makin indah karena tampilan windows aero. Sayangnya fungsinya mentok disitu and Windows Aero nih butuh sumberdaya yang much. Karena fungsinya Cuma buat bagus-bagusan (klo gitu, ngapain kamu pake Vista khan!!) wajah, Windows Aero dimatikan pun tak akan membikin masalah, yang ada malah komputer labih cepat.

Mau ngebunuh aero? (eh maksudnya mematikan aero)

Ikuti caranya, klik kanan di area dekstop, abis itu klik personalize, lalu klik link Theme. Pilih Classic look for windows and Aero pun dimatikan.

Klo anda pengen tampilan vista tapi aero tetap dimatikan, caranya klik windows colour and pereance maka akan keluar

Atau

Klo keluar-nya gambar yang diatas maka kamu tinggal pilih pilihan windows vista basic

Tapi kalo keluarnya gambar yang ada di bawah,kamu tinggal klik link “open classic apereance for more colour option, lalu akan keluar gambar yang diatas lalu pilih Windows Vista Basic.

Genjot kinerja Hard Disk Sata

Untuk memastikan hard disk Sata memberikan kecepatan terbaik, kita harus utak-atik sedikit pengaturan device manager-nya. Sekadar tahu aja, secara teori koneksi sata memiliki kecepatan hingga 300Mb per detik. Kecepatan hard disk-nya sendiri umumnya baru mencapai sekitar 120 Mb per detik.

Caranya buka device manager di kontrol panel, pada daftar perangkat keras yang ditampilkan, klik ganda Disk Drives untuk melihat menu di bawahnya. Setelah itu, klik ganda pada hard drive anda. Klik tab Policies. Beri tanda centang padaenable advanced performance. Sedikit catatan untuk tips ini. Risiko tatkala opsi ini dihidupkan. Risikonya adalah kehilangan data ketika komputer tiba-tiba terputus listrik.

Kebut start-up

Saat Windows mulai, berbagai program dijalankan. Program itu dimasukan pada daftar start-up. Sebuah situs web menyebutkan kalau start-up ini adalah pedang bermata dua. Di satu sisi, program yang dijalankan saat start-up bisa membuat program lain berjalan lebih cepat. Disisi lain, waktu yang digunakan Windows untuk siap digunakan menjadi lebih lama. Juga mengurangi jumlah memoriyang bisa dipakai oleh program lain. Kita tentu saja bisa menghapus program dari daftar start-up. Program yang dimatikan tentu saja program yang nggak terlalu kita butuhkan. We bisa mulia, eh maksudnya mulai mengurangi daftar program start-updengan menghapus short-cut program dari menu start-up di menu start. Klik logo Windows untuk memulai menu start, cari submenu start-up, lalu klik kanan pada short-cut program, klik delete.

Perlu diketahui bahwa tidak semua program yang jalan di start up didaftarkan di menu start. Beberapa program ngungsi ke registri. Tuk menghilangkannya run regedit. Masuklah ke HKEY_CURRENT_USER_\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run. Lihatlah daftar programyang ada di sebelah kanan. Hapuslah yang anda kira tidak perlu. Jangan keburu nafsu tuk menghapus semuanya. Ada program yang jelas anda perlukan, misalnya anti-virus. Lalu masuk juga ke HKEY_LCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run. Periksalah apakah ada program yang bisa anda hapus.

Pakai Ready Boost

Nggak perlu dijelasin lagi khan hehehe

Nah semoga sukses ya hehe

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tulis pesannya!

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com